Cerapung Merapi : Media berekspresi anak – anak Balerante

Solo – Menyusul terjadinya erupsi Merapi pada bulan Oktober dan November 2010, SPEK-HAM telah melakukan pendampingan bagi warga Desa Balerante Kabupaten Klaten yang ikut terkena dampak erupsi tersebut. SPEK-HAM melakukan pendampingan sejak bulan Oktober, tepatnya satu hari setelah erupsi yang pertama pada tanggal 26 Oktober 2010. Pada awalnya, SPEK-HAM melakukan pendampingan dalam bentuk tanggap darurat. Dalam masa tanggap darurat ini, selain berfokus pada penanganan kebutuhan pengungsi selama berada dalam masa pengungsian, SPEK-HAM juga memfokuskan diri pada pendampingan anak – anak warga lereng Merapi, Khususnya anak – anak dari Balerante.  Bentuk pendampingan untuk anak – anak ini terutama berupa trauma healing bagi anak – anak.

Salah satu inisiasi SPEK-HAM dalam melakukan pendampingan bagi anak – anak Desa Balerante adalah dengan menerbitkan CERAPUNG MERAPI. CERAPUNG MERAPI adalah sebuah fact sheet (lembar fakta) yang berisi tulisan atau gambar hasil karya anak – anak Desa Balerante. Sejak bulan November 2010 hingga bulan Maret 2011 SPEK-HAM telah menerbitkan empat edisi CERAPUNG MERAPI. CERAPUNG MERAPI pada dasarnya terdiri dari tiga bagian. Selain berisi tulisan atau gambar hasil karya anak – anak Balerante, CERAPUNG MERAPI juga berisi artikel tentang pengetahuan umum khususnya yang berkaitan dengan gunung berapi serta satu bagian yang berisi permainan yang edukatif, misalnya kuis berupa teka – teki silang atau permainan kata atau angka. Salah satu tujuan diterbitkannya CERAPUNG MERAPI adalah untuk merangsang minat menulis dan membaca anak – anak Balerante, sekaligus memberikan wadah bagi mereka untuk berekspresi melalui media tulisan dan gambar.

Dalam setiap edisinya, CERAPUNG MERAPI hanya dicetak terbatas menyesuaikan dengan segmen pembacanya yang sebagian besar merupakan anak – anak warga Balerante. Meski demikian, melalui website SPEK-HAM, CERAPUNG MERAPI dapat diakses oleh masyarakat yang lebih luas. (Ariwan K Perdana)

Cerapung I November 2010

Cerapung II Januari 2011

Cerapung III Februari 2011

CERAPUNG IV Maret 2011

Share This:

Comments are closed.