Impian Bank Sampah Gajah Putih RT.03 RW.09 Karangasem


Suasana pertemuan Kelompok Bank Sampah Gajah Putih Karangasem

Kelompok Bank Sampah Gajah Putih RT.03 RW.09 Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan dikelola warga masyarakat dan diketuai Bapak Widodo. Kelompok dengan anggota 39 orang ini telah mengalami kemajuan karena penimbangan saat ini dilakukan setiap minggu kedua dan keempat. Untuk periode bulan Januari-April 2019 Kelompok Sampah Gajak Putih sudah menimbang sampah sebanyak 696,4 kg.

Dengan anggota penimbangan sebanyak 10-15 orang maka kelompok ini juga telah membentuk pra-koperasi sejak bulan Nopember 2018 lalu. Total kekayaan yang dimiliki oleh kelompok ini adalah :

Simpanan Pokok  : Rp    550.000,-

Simpanan Wajib : Rp    477.000,-

Simpanan sukarela : Rp    750.000,-

TOTAL : Rp 1.777.000      

Suasana diskusi dalam pertemuan Kelompok Gajah Putih Karangasem.

Widodo  selaku ketua kelompok mengakui setelah mendapat dampingan dari SPEK-HAM Surakarta, telah ada kemajuan. Dari pengurus bank sampah diperoleh informasi bahwa kelompok mendapat bantuan tong komposter dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) 5 buah tong dan akan dibagi di tiap – tiap lingkungan supaya dimanfaatkan untuk membuat kompos yang sudah ada di lingkungan Pepaya  3 serta sudah menghasilkan pupuk cair. Sesuai harapan,  kampung akan dijadikan Kampung iklim.

Selain itu warga mempunyai impian untuk memilik gedung pertemuan, karena sementara ini setiap pertemuan warga berpindah-pindah dan yang sering ditempati ruangan Klas SDN IV Karangasem. (pakdhe)

Share This: