Kelompok Perempuan Srikandi RT.02 RW.05 Sebagai Pegiat Lingkungan

Kegiatan kelompok perempuan Srikandi

Berlatar belakang penduduk yang padat dan ketiadaan pohon yang tumbuh di tepi jalan, Kelompok  Perempuan Srikandi Gilingan yang bertempat  RT.02 RW.05 berkeinginan untuk membuat tanaman tabulapot atau tanaman toga. Kelompok perempuan tersebut telah didampingi oleh SPEK-HAM sejak tahun 2013.

Kegiatan kelompok perempuan yang dipimpin oleh Sulis juga selaku Istri KetuaRT.02 Rw.05  ini diawali dari  membuat kompos yang sangat sederhana yang bahan bakunya yakni dari sisa – sisa bahan sayuran atau bahan yang mudah diproses cepat  membusuk, seperti kulit pisang, bekas kulit buah-buahan, daun- daunan  dll. Sebelum pembuatan kompos, diawali dari pembuatan E.4 bertujuan agar lebih mudah untuk membuat kompos. Ini salah satu bahan untuk memudahkan mengurai bahan-bahan untuk kompos dan harapannya bisa menghasilkan pupuk cair maupun pupuk padat.

Setelah menghasilkan pupuk maka akan dimanfaatkan untuk tanaman tabulapot maupun tanaman toga yang direncanakan setiap rumah mempunyai tanaman tersebut.

Tahun 2019 Kelompok Perempuan Srikandi Kelurahan Gilingan telah menerima bantuan sarana dan prasarana yakni tong sampah dari Bapeda Kota Surakarta. Selain itu juga dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta untuk masing – masing rumah tangga untuk  melengkapi Bank Sampah Srikandi yang telah berdiri sejak tahun 2017. Bank Sampah Srikandi juga telah mendapat juara ketiga setelah mengikuti lomba  Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) yang diselenggarakan UPT Puskesmas Gilingan yang mempunyai binaan Kesehatan dibeberapa Kelurahan diwilayah Kecamatan Banjarsari.

Kegiatan tersebut telah dipikul bersama dari semua anggota kelompok perempuan Srikandi maupun warga RT.02 RW.05 Kelurahan Gilingan dengan harapan nanti saat pertemuan bapak- bapak akan disampaikan rencana program tersebut. (Pakde)

Share This: