Langkah Forum Kesehatan Kelurahan Bareng untuk Mewujudkan Kelurahan Siaga

Pertemuan FKK

Forum Kesehatan Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten mulai bergeliat lagi dengan mengumpulkan Stakeholder untuk bersama-sama menyamakan persepsi mengenai tujuan pembentukan FKK, hal itu dilakukan pada tanggal 21 September 2020 di Aula Kelurahan diadakan pertemuan yang dihadiri oleh 23 orang terdiri dari Kader Posyandu, Karang Taruna, Bidan dan Aparat Kelurahan.

Pertemuan diawali dengan diskusi kelompok yang mengidentifikasi apa saja potensi masalah kesehatan secara umum dan kesehatan reproduksi secara khusus yang ditemukan serta solusi apa yang bisa dilakukan untuk memecahkannya. Dari hasil diskusi yang kemudian dipresentasikan oleh masing-masing kelompok kemudian bisa menjadi dasar bagi FKK untuk duduk bersama dan mendiskusikannya.

Setelah diskusi kemudian dilanjutkan dengan sharing dari Ketua FKK Bareng mengenai keberadaan dan struktur kepengurusan yang sudah ada sejak tahun 2015 dan telah diserahkan ke Puskesmas Klaten Tengah. Kemudian jika dilihat dari fungsi FKK sebagai wadah bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengembangkan pembangunan kesehatan dengan merencanakan, menetapkan, koordinasi dan penggerak kegiatan serta monitoring evaluasi maka dibutuhkan komitmen dan keberpihakan dari stakeholder khususnya pihak pemerintah kelurahan agar dapat memfasilitasi FKK dikemudian harinya. Hal itulah yang kemudian ditekankan oleh SPEK-HAM sebagai fasilitator pertemuan. (Elizabeth Yulianti)

Share This: