MAHASISWA BELAJAR BERSAMA KELOMPOK SRIKANDI KELURAHAN GILINGAN SURAKARTA

Kesejahteraan masyarakat dapat terwujud jika masyarakat sendiri tahu kebutuhannya. Untuk itulah SPEK-HAM melakukan kerja kerja pemberdayaan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menggali kebutuhan dan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan. Keterlibatan aktif masyarakat serta sinergi dari berbagai multistakeholder menjadi daya ungkit dalam pencapaian perubahan yang lebih baik.

Atas dasar tersebut, pada hari Rabu 4 Juli 2018, empat mahasiswa Pasca Sarjana Jurusan Sosiologi Universitas Sebelas Maret Surakarta ikut dalam pertemuan Kelompok Perempuan Srikandi RT 002 RW V Kelurahan Gilingan Kota Surakarta. Mereka ingin mengetahui kegiatan kelompok perempuan yang di gawangi Ibu Sulis yang ternyata sangat membantu dalam menunjang perekenomian keluarga. Berawal dari pemetaan persoalan dan potensi wilayah yang dilakukan oleh perempuan, masyarakat memiliki kesadaran dalam mengelola potensinya dalam berbagai bentuk kegiatan : 1. Pra koperasi perempuan, 2. bank sampah, 3. menciptakan produk olahan pangan berupa karak non borax untuk meningkatkan ekonomi perempuan.

Dengan pendampingan dari SPEK-HAM dalam menguatan kemandirian organisasi, administrasi dan pembukuan sehingga menjadikan pemberdayaan yang transparan dan berkelanjutan. Diharapkan kedatangan mahasiswa pasca sarjana jurusan sosiologi UNS bisa menjadi angin segar untuk memberikan peningkatan kapasitas bagi kelompok perempuan Srikandi Gilingan.

Soepadmin/NL

Share This: