Mari Tes IVA. Jangan Malu!

SPEKHAM – Kesehatan Masyarakat.

Hanya dengan menggunakan asam cuka atau cuka bakso banyak perempuan bisa diselamatkan nyawanya, tentu penggunaan asam cuka dengan konsentrasi tertentu dan harus dilakukan oleh
tenaga terlatih. Kami SPEK-HAM Surakarta terus mendampingi perempuan untuk akses layanan kesehatan reproduksi berupa IVA tes atau deteksi dini kanker leher rahim, dan cek IMS (Infeksi Menular seksual) cukup di Puskesmas.

Budaya malu, budaya patriarki dan kekhawatiran kalau ditemukan penyakit membuat banyak perempuan memilih untuk tidak periksa, apalagi harus dibuka organ reproduksinya. Kami menemukan banyak ibu rumah tangga mengalami persoalan kespro, mulai dari keputihan ringan hingga berat, ada benjolan atau polip, beberapa ditemukan IVA positif atau kanker leher rahim tahap awal. Pada temuan IVA positif tahap awal akan mudah dilakukan upaya pengobatan, salah satunya dengan kreotherapy (membekukan serviks dengan CO2 untuk menghambat berkembangnya sel kanker).

Banyak cerita dari lapangan yang membuat hati sedih, saat tim medis menyampaikan kalau dari 61 peserta  perempuan ditemukan 15 IVA positif. Pasti emak-emak ini akan gusar, akan galau, mungkin juga tak bisa tidur berminggu-minggu. Walau mungkin ini seperti mimpi buruk bagi mereka yang ditemukan IVA positif, tapi sebetulnya ini lebih baik buat mereka sehingga upaya pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin.

#janganmalu

#maritesiva

Kontak SPEK-HAM Utk konsultasi dan Rujukan layanan 0271-714057

(Rahayu Purwaningsih – Manajer Divisi Kesehatan Masyarakat/spekham.org)

Share This: