Menggerakkan Perempuan untuk Memilah Sampah Rumah Tangga

Pertemuan diisi dengan pemutaran film

Sabtu 20 Juli 2019, SPEK-HAM bekerjasama dengan LPMK Kelurahan Tipes Surakarta menyelenggarakan sosialiasi pembentukan bank sampah di tingkat PKK RT. Kegiatan dilaksanakan di pertemuan PKK RT 02 dan RT 03 RW 05, dihadiri oleh kurang lebih 25 orang peserta.

Selain dihadiri oleh SPEK-HAM, kegiatan tersebut juga dikunjungi oleh LPMK Kelurahan Tipes, Beti Lestari S.Pd dan  Anis Purwanti. Keduanya selain anggota LPMK juga sebagai guru Pos PAUD Podang Tipes. Beti Lestari menyampaikan bahwa ada 5 bank sampah yang sudah terbentuk dan memiliki SK, bahkan sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) namun hanya dua yang pernah berjalan. Namun tidak ada perkembangan, saat ini mati suri, tidak ada aktivitas. 

Sambil memutarkan film pemilahan sampah, Soepadmin dari SPEK-HAM menjelaskan tentang pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga. Mengingat kondisi Putri Cempo yang semakin banyak gunungan sampah, sehingga kesadaran untuk mengurangi sampah harus dimulai dari rumah tangga. Di setiap rumah bisa menyediakan kantong kresek bekas untuk memilah kertas, botol plastik, dan plastik lainnya.

Nila Puspaningrum  selaku manajer  Divisi Penghidupan Berkelanjutan SPEK-HAM menyampaikan tentang kemanfaatan bank sampah yang sudah dirasakan oleh kelompok di wilayah lain. Misalnya di Kelurahan Kemlayan ada yang hasil penjualan sampah digunakan untuk koperasi simpan pinjam, di Kelurahan Sewu ada yang ditukar dengan sembako/pulsa listrik, serta di Kestalan digunakan untuk kegiatan sosial seperti baksos di panti jompo, panti asuhan dan tetangga yang membutuhkan.  Perempuan bisa menjadi penggerak dalam kegiatan bank sampah, karena sehari-hari dekat dengan aktivitas memilah sampah rumah tangga. Hasil dari bank sampah juga sudah banyak yang dimanfaatkan oleh perempuan dalam menambah pendapatan.

Antusias peserta sosialisasi ditunjukkan dengan menyanyi Lagu Ayo Memilah Sampah bersama-sama diiringi tepuk tangan meriah. Beti dan ibu-ibu PKK akhirnya sepakat akan menggerakan penimbangan sampah kembali. Bahkan sudah di rancana program bank sampah yang terintegrasi dengan PAUD. Pada hari Jumat tanggal 25 Juli dan tanggal 28 Juli 2019 akan dilakukan pengumpulan dan penimbangan sampah an organik Pos PAUD Podang RW 3 Kelurahan Tipes. (Pakdhe/Nila)

Share This: