Merajut Mimpi Perempuan melalui Bank Sampah Uwuh Awoh

Inilah salah satu Bank Sampah di Kelurahan Karangasem dengan nama Uwuh Awoh yang dipimpin Ibu Nawang Wulan selaku ketua  RT 01 RW 05 Kelurahan Karangasem Laweyan Surakarta. Selain ketua RT beliau juga merangkap sebagai ketua Bank Sampah Uwuh Awoh. Pada hari minggu (19/5/2019) bersama dengan SPEK-HAM mengadakan penimbangan sampah dan diskusi tentang pembuatan kompos.

Kelompok yang baru berjalan beberapa bulan ini sudah mendapat dukungan pemerintah Kota Surakarta dengan pemberian bantuan tong sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup. Saat penimbangan Cuk Sugeng dan Ima dari pengurus Bank Sampah menyampaikan tantangan berjalannya bank sampah selama ini. Dan bagaimana meningkatkan keterlibatan masyarakat. Saat ini jumlah anggotanya baru 20 orang, padahal jumlah anggota PKK kurang lebih 30 orang tapi belum semua bersedia dan sadar mengikuti kegiatan pemilahan sampah.

“Kami minta pendampingan dari SPEK-HAM untuk mengembangkan Bank Sampah dan melatih membuat kompos”, ungkap Nawang. Nawang dan kelompoknya sudah merasakan hasilnya sesuai namanya Uwuh Awoh yang artinya sampah yang berbuah, maka kemudian sepakat setiap minggu ketiga ada penimbangan sampah. Hasil dari penimbangan kemudian dijual ke pengepul  dan dikelola menjadi simpan pinjam. Semua anggota bisa memanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Uniknya anggota bank sampah ini semuanya yang ditangani oleh perempuan anggota PKK. (padmin)

Share This: