Relasi KPU Sosdiklih di Komunitas Perempuan

Nunung Purwanti, salah seorang relawan demokrasi (relasi) sedang melakukan sosdiklih di kelompok perempuan Srikandi

Nunung Purwanti, salah seorang Relawan Demokrasi (Relasi) dari KPU Kota Surakarta melakukan sosialisasi pada kelompok perempuan dampingan SPEK-HAM yakni Kelompok Perempuan Srikandi bertempat di RT 02 RW 05  Kelurahan Gilingan, Senin (4/3). Menurutnya ini kesempatan warga kelompok untuk mendapatkan hak informasi terkait kepemiluan. Nunung menambahkan, pemilu 17 April 2019 adalah pemilu untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon) dan pemilu legislatif (pileg).

Nunung Purwanti juga melakukan sosialisasi pengenalan jumlah partai peserta pemilu yakni 16 ditambah 4 partai lokal Aceh. Namun begitu urutan parta yang ada di specimen surat suara adalah 1-20, angka 15-18 adalah untuk partai lokal Aceh.

Para calon pemilih kemudian dikenalkan dengan 5 specimen surat suara sebanyak 5 lembar maka masing-masing lembaran nanti diteliti dan diamati jangan sampai ada yang rusak, bolong, ada tulisanya orek – orekan.”Ini harus dimintakan ganti kalau menemui seperti ini kepada petugas TPS. Maka perlu dibuka dengan pelan- pelan karena kartunya ada yang lebar ada yang kecil sebagai berikut,”

  • Surat suara  warna abu – abu pemilihan presiden ini besok ada dua pilihan yang kartunya atas warna abu – abu, sambil memperlihatkan gambar kartu sambil dibuka yang ada gambarnya hitam ini dengan tulisan OX dan OY, salah satu nanti yang dicoblos. Di tengah-tengah gambar orangnya, atau boleh di angkanya karena di situ nanti ada gambar dua.
  • Surat suara warna Kuning ini pilihan legislatif untuk tingkat pusat atau  pilihan DPR RI. Ada gambar partai sebanyak 16 dan di bawah partai ada tulisan namanya itu yang dicoblos boleh salah satu partai. Kalau kenal nama orangnya boleh dicoblos tapi hanya satu coblosan tidak boleh beberapa coblosan nanti tidak sah.
  • Surat suara warna biru ini pilihan DPRD Provinsi di situ juga sama ada gambar partai dan nama orangnya tapi nanti gambar partainya hanya nomor 1s/d 20 tapi angka 15 s/d 18 tidak ada. Silakan juga pilih salah satu saja yang disukai.  
  • Surat suara warna hijau ini pilihan DPRD kota/kabupaten karena d sini nanti ikut Kecamatan Banjarsari maka nanti dapil 3 karena di kota surakarta sudah di bagi beberapa dapil untuk kecamatan Banjarsari ini ada 11 Kelurahan ada sebagian Nusukan dan Kadipiro ikut dapil lain, karena para peserta sosdiklih ikut Kelurahan Gilingan nanti ikut Dapil 3 maka sambil menunjukkan surat suara Surakarta Dapil 3 di sini juga sama nanti ada gambar Partai dan ada nama-nama.  Siapa nama calegnya?  Caleg DPR nanti dipasang di kelurahan atau seperti yang di canangkan di jalan-jalan itu. Coblos salah satu nama saja kalau tidak kenal orangnya boleh dicoblos gambar partainya, salah satu saja.
  • Kartu warna merah ini nanti ini ada fotonya ganteng dan cantik. Silakan pilih salah satu yang cocok dalam hati kalau mungkin sudah kenal dan mengenalkan diri salah satu saja yang dicoblos, tidak boleh ada beberapa orang yang dicoblos.

Beberapa peserta sosdiklih merespon dengan menyampaikan pertanyaan bagaimana dengan pemilih lansia jika merasa kebingungan saat mencoblos. Pertanyaan lainnya adalah bagaimana dengan calon pemilih yang difabel netra, apakah ada pendampingan yang dijawab jika ada pemilih yang lansia dan mengalami demensia berat (pikun) serta difabel netra, akan disediakan form pendamping yang disebut form C3 di tiap-tiap TPS.

suasana sosdiklih

Sulis, Ketua Kelompok Perempuan Kelurahan Gilingan Srikandi (KPKGS) merasa beruntung karena baru pertama kali mendapat pengetahuan tentang pelaksanaan Pemilu tahun 2019. “Beruntung didampingi oleh SPEK-HAM yang menghadirkan relawan demokrasi dari KPU yang telah memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan Pemilu tahun 2019,” pungkas Sulis. (Soepadmin/AP)

Share This: