Tangan Terampil Perempuan Purna Pekerja Migran Membuat Sabun Herbal Sereh Wangi

Ruminah sedang mengerjakan pembuatan sabun

Ruminah, salah seorang warga Kedungabad Desa Wlahar dengan antusias menceritakan pengalaman memproduksi sabun bersama teman-teman kelompoknya yang terdiri dari tujuh  orang (Selasa, 23/4). Pasca pelatihan yang diselenggarakan oleh Baperlitbangda Kabupaten Brebes bekerja sama dengan SPEK-HAM, mereka langsung praktik memproduksi sabun dengan teknologi sederhana yang tepat guna. 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan SPEK-HAM bekerjasama dengan Kedutaan New Zealand dan Pemerintah Kabupaten Brebes dalam mengentaskan kemiskinan di Desa Wlahar Kecamatan Larangan. Di desa  ini dan sekitarnya akan dikembangkan sebagai pilot kawasan atsiri organik. Saat ini sudah ada pengembangan tanaman sereh wangi seluas 10 ha dan akan bertambah lagi 46 ha di tanah tangsi Desa Wlahar yang dikelola oleh para petani kecil. 

Sabun herbal sereh wangi menjadi salah satu produk hilir yang dikembangkan di kawasan tersebut untuk mendongkrak ekonomi perempuan khususnya perempuan produktif dan purna pekerja migran. Sehingga ke depan ekonomi desa lebih maju, warga tidak perlu jauh-jauh merantau ke luar negeri tanpa bekal ketrampilan dan pengetahuan. Para perempuan tersebut berpotensi riskan dan rentan terkena tindak pidana perdagangan orang. 

produksi sabun sereh wangi

“Sudah banyak yang membeli dan sabun sereh wangi ini cocok untuk mengobati penyakit gatal-gatal”, tambah Ruminah. Saat ini kelompok perempuan Kedungabad memproduksi sabun masih dalam skala kecil. Keterbatasan cetakan masih menjadi tantangan memproduksi secara rutin setiap hari. Selama ini pemasaran dilakukan dari mulut ke mulut alias getok tular pada masyarakat sekitar, dan melalui media sosial. “Lumayan mbak, sudah banyak yang pesan, tapi kendalanya alat cetak masih terbatas,” imbuhnya

Melihat perkembangan yang ada, penting untuk dilakukan menjalin kerja sama dan sinergi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Usaha Mikro, Koperasi dan Perdagangan serta Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian untuk meningkatkan produktivitas kelompok usaha sabun dalam pemasaran dan peningkatan kualitas produk. Sehingga hasil yang optimal dan maksimal bisa diusahakan. (nila)

Share This:

Post Tagged with ,