Empat Tahun Sekar Putri Berkarya

Kelompok Sekar Putri

“Umur empat tahun kalau misalnya anak itu masih balita, namun untuk Kelompok Sekar Putri empat tahun ini bukan balita lagi karena kiprahnya sudah luar biasa. Mereka mampu mengakses program-program pemerintah terutama pemerintah Kabupaten  Boyolali. Dan saya sangat bangga dengan semangat dan kekompakan kelompok. Semoga dengan umur empat tahun ini semakin sukses ke depannya” ungkap Ibu Ida dari Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali  Hal ini disampaikan dalam dialog bersama yang mengambil tempat di kebun bibit Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) milik Kelompok Sekar Putri yang  pada hari itu sedang merayakan hari jadi kelompoknya.

Acara ini dihadiri pula dari staf Dinas Peternakan Kabupaten Boyolali, tokoh masyarakat dan kelompok lain seperti dari Tawangrejo, Juwangi, Selo, Andong dan Sambi. Dan yang  menarik dalam forum ini adalah hadirnya pemangku wilayah atau kepala Desa Musuk yang hadir pertama kali semenjak kelompok terbentuk. Hal ini tidak disia-siakan oleh Kelompok Sekar Putri untuk menyampaikan keinginannya supaya dilibatkan dalam Musrenbangdesa dan diakamodirnya kelompok dalam anggaran desa.

Menurut Hartanti ketua Sekar Putri, program dan kegiatan kelompok seperti  pertanian, peternakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dilakukan oleh paralegal komunitas butuh dukungan dari desa. Dan dari kepala desa menjanjikan akan mengakomodir.

Ibu Ida sedang menyampaikan sambutan dan apresiasi terhadap kelompok

Selain dialog untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kelompok Sekar Putri di pagi hari diadakan senam bersama, juga lomba tanaman pekarangan dengan dewan juri terdiri dari Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kecamatan Musuk, tokoh masyarakat dan dari SPEK-HAM. Dari penilaian akhirnya terpilih juara 1,2,3 dan favorit. ( Ani, CO PPKBM )

Share This: