Meningkatkan Pengetahuan dan Pengalaman Menghasilkan Nilai Rupiah

Senin, 18 November 2019, SPEK-HAM menyelengarakan pelatihan Recycle (mendaur ulang),   Reuse (menggunakan kembali) dan Reduce (mengurangi) di Komunitas Sampah Gajah Putih, Karangase. Pelatihan ini memanfaatkan barang yang tidak berguna didaur ulang kembali untuk dibuat barang yang bernilai tinggi. Tujuannya agar para anggota Bank Sampah Gajah putih bertambah pengalaman dan pengetahuan. Selama ini sampah plastik yang biasa dijual kepada pengepul berharga sangat murah, Rp 800 per kilo. Setelah sampah-sampah dibuat hiasan akan bernilai tinggi seperti yang dipraktikkan.

Pelatihan ini dikuti sebanyak 20 orang anggota Bank Sampah Gajah putih dan Bank Sampah Uwuh Awoh yang beralamat di RT.01 RW.05 serta Bank Sampah Sekawan RW.04. Pelatihan tersebut dihadiri Kasi Lingkungan Hidup Kelurahan Karangasem, Sri Mulyani.

Rini, Ketua RT. 03 RW.09 menyampaikan ucapan terima kasih kepada SPEK-HAM sebab dengan adanya pelatihan 3R ini akan menambah pengalaman khususnya anggota perempuan yang tidak mempunyai pekerjaan tetap, diajak berkegiatan memanfaatkan barang yang tidak berguna dijadikan barang yang bernilai tinggi. Sedangkan Sri Mulyani, Kasi Lingkungan Hidup Kelurahan Karangasem menyatakan bahwa selain ia sendiri mengikuti pelatihan, ia ingin mengembangkan bank sampah di tempat tinggalnya di daerah Colomadu,

Widodo, Ketua Bank Sampah Gajah Putih menyambut baik dalam pelatihan ini dan berharap para peserta setelah mendapat ilmu jangan berhenti disini, semoga bisa berlanjut. Pelatihan juga bisa digunakan untuk persiapa lomba sebab seringkali diakan lomba terkait pengelolaan sampah. Sisa-sia pelatihan berupa potongan-potongan kecil plastik akan dimanfaatkan untuk ecobrick.

Bank Sampah Gajah putih sering mendapat kunjungan orang-orang yang ingin belajar, baik dari sekitar Surakarta dan daerah lain. Pelatihan ini diharapkan tidak hanya sekali ini perlu ada tindak lanjut. Bank Sampah Gajah Putih mempunyai mesin jahit bantuan dari Maybank, juga mesin cacah daun maupun mesin cacah plastik. (pakde/red)

Share This: