Tamu dari Belgia Hadiri Pertemuan Rutin Bank Sampah “Sumber Rejeki”

pertemuan rutin demplot

Pada Kamis, 11 Juli 2019, Bank Sampah “Sumber Rejeki” Kelurahan Kemlayan menyelenggarakan pertemuan rutin dua bulanan oleh anggota-anggota perwakilan demplot dari berbagai komunitas.  Tidak hanya itu, pertemuan tersebut juga didatangi oleh perwakilan kelurahan setempat. Umumnya, pertemuan rutin tersebut melatih dan memberikan edukasi terhadap anggotanya tentang penanaman tumbuhan pertanian.

Dalam pertemuan ini, topik yang dibahas adalah cara membuat pupuk kompos berbentuk cair dari limbah sayur-sayuran. Pelatihan tersebut dilakukan dikarenakan masih banyak limbah sayuran yang hanya dibuang dan dibiarkan busuk begitu saja, padahal sebenarnya masih bisa dipergunakan untuk digunakan menjadi pupuk kompos. Limbah sayur pun mudah untuk didapatkan, dimulai dari limbah sayur rumah tangga dan warung makan atau restoran setempat. Jadi pembuatan pupuk kompos ini termasuk mudah karena adanya resources yang melimpah.

Pertemuan tersebut didatangi oleh dua tamu dari Belgia. Dua orang berasal dari Belgia salah satunya yaitu Charlote, yang bekerja di Rikolto International. Rikolto merupakan sebuah organisasi yang memfokuskan pembangunan terhadap petani-petani daerah dan meningkatkan persediaan pangan untuk masa depan. Sedangkan satu lagi, Marica, merupakan jurnalis di Belgia. Mereka berdua bekerja sama dan sedang di Indonesia untuk pergi ke desa-desa setempat dalam rangka membuat sebuah penelitian terkait petani-petani setempat.

Berbagai pengalaman dan tanya jawab juga terjadi pertemuan ini. Di antaranya adalah Charlote dan Marica menanyakan bagaimana warga sekitar merawat dan mengembangkan tanaman-tanaman miliknya sendiri. Selain itu mereka juga bertanya  apakah ada perubahan pola makan di daerah sekitar, menjadi lebih sehat (menambahkan sayur menjadi makanan keseharian). Hal ini sebab banyak warga yang sudah menanam tanamannya di rumah. (pandu-mgg)

Share This: